KOMUNIKASI MASSA DAN KOMUNIKASI PUBLIK
1. Komunikasi massa
Komunikasi massa adalah bentuk komunikasi yang menggunakan saluran (Media) dalam
menghubungkan komunikator dan komunikan secara massal, berjumlah banyak,
terpencar, sangat heterogen dan menimbulkan efek tertentu. Selain itu pesan
yang disampaikan cenderung terbuka dan mencapai khalayak dengan serentak.
Ciri- ciri dan
karakteristik komunikasi massa meliputi sifat dan unsur yang tercakup
didalamnya (Suprapto, 2006 : 13). Adapun karakteristik komunikasi massa adalah
:
- Sifat
komunikan, yaitu komunikasi massa yang ditujukan kepada khalayak yang
jumblahnya relatif besar, heterogen, dan anonim. Jumblah besar yang
dimaksudkan hanya dalam periode waktu yang singkat saja dan tidak
dapat diukur, beberapa total jumblahnya. Bersifat heterogen berarti
khalayak bersifat berasal dari latar belakang dan pendidikan, usia, suku,
agama, pekerjaan,. Sehingga faktor yang menyatukan khalayak yang heterogen
ini adalah minat dan kepentingan yang sama. Anonim berarti bahwa
komunikator tidak mengenal siapa khalayaknya, apa pekerjaannya, berapa
usianya, dan lain sebagainya.
- Sifat
media massa, yaitu serempak dan cepat. Serempak (Simultanety) berarti
bahwa keserempakan kontak antara komunikator dengan komunikan yang
demikian besar jumblahnya. Pada saat yang sama, media massa dapat membuat
khalayak secara serempak dapat menaruh perhatian kepada pesan yang
disampaikan oleh komunikator. Selain itu sifat dari media massa adalah
cepat(rapid), yang berarti memungkinkan pesan yang disampaikan pada banyak
orang dalam waktu yang cepat.
- Sifat
pesan, Pesan yang disampaikan melalui media massa adalah bersifat umum
(Public). Media massa adalah sarana untuk menyampaikan pesan kepada
khalayak, bukan untuk kelompok orang tertentu. Karena pesan komunikasi
melalui media massa sifatnya umum, maka lingkungannya menjadi universal
tentang segala hal, dan dari berbagai tempat di seluruh dunia. Sifat lain
dari pesan melalui media massa adalah sejenak (Transient), yaitu hanya
untuk sajian seketika saja.
- Sifat komunikator, karena meida massa merupakan lembaga organisasi, maka komunikator dalam komunikasi massa, seperti wartawan, utradara, penyiar, pembawa acara, adalah komunikator yang terlembagakan. Media massa merupakan organisasi yang rumit, pesan-pesan yang disampaikan kepada khalayak adalah hasil kerja kolektif, oleh sebap itu, berhasil tidaknya komunikasi massa ditentukan oleh berbagai faktor yang terdapat dalam orginisasi massa.
Fungsi Komunikasi Massa
Menurut Cangara,
komunikasi tidak hanya diartikan sabagai pertukaran berita atau pesan, tetapi
juga sebagai kegiatan individu dan kelompok mengenai pertukaran data, fakta,
dan ide (Winardono, 2006 : 57). Komunikasi massa dapat berfungsi untuk :
- Informasi,
yaitu kegiatan untuk mengumpulkan, menyimpan data, fakta, opini,
pesan, komentar, sehingga orang bisa
mengetahui keadaan yang
- Sosialisasi,
yakni menyediakan dan mmengajarkan ilmu pengetahuan bagaimana orang
bersikap sesuai dengan nilai-nilai yang ada, serta bertindak sebagai
anggota masyarakat secara efektif.
- Motivasi,
mendorong orang untuk mengikuti kemajuan orang lain melalui apa yang
mereka baca, lihat, dengar, melalui media massa.
- Bahan
diskusi, yaitu menyediakan informasi untuk mencapai persetujuan dalam hal
perbedaan pendapat mengenai hal-hal yang menyangkut orang banyak.
- Pendidikan,
yaitu dengan menyajkan informasi yang mengandung nilai edukasi, sehingga
membuka kesempatan untuk memperoleh pendidikan secara informal.
- Memajukan
kebudayaan, media massa menyebarluaskan hasil-hasil kebudayaan melalui
pertukaran siaran radio, televisi, atau media cetak. pertukaran ini
memungkinkan penigkatan daya kreativitas guna memajukan kebudayaan
nasional masing-masing negara, serta memperkuat kerjasama
masing-masing negara.
- Hiburan,
media massa adalah sarana yang banyak menyita waktu luang semua golongan
usia, dengan difungsikannya sebagai alat hiburan dalam rumah tangga. Sifat
estetikanya dituangkan dalam bentuk lagu, lirik, bunyi, gambar, dan
bahasa, membawa orang pada situasi menikmati hiburan seperti halnya
hiburan lain.
- Integrasi,
yaitu banyaknya negara-negara didunia dewasa ini diguncang oleh
kepentingan-kepentingan tertentu, karena perbedaan etnis dan ras.
Komunikasi sepert satelit dapat digunakan untuk menghubungkan
perbedn-perbedaan itu dalam memupuk dan memperkokoh persatuan dan kesatuan
bangsa.
2. Komunikasi publik
Komunikasi
publik merupakan suatu komunikasi yang
dilakukan di depan banyak orang. Dalam komunikasi publik pesan yang disampaikan
dapat berupa suatu informasi, ajakan, gagasan. Sarananya, bisa media massa,
bisa pula melalui orasi pada rapat umum atau aksi demonstrasi, blog, situs
jejaring sosial, kolom komentar di website/blog, e-mail, milis, SMS, surat,
surat pembaca, reklame, spanduk, atau apa pun yang bisa menjangkau publik. Yang
pasti, Komunikasi Publik memerlukan keterampilan komunikasi lisan dan tulisan
agar pesan dapat disampaikan secara efektif dan efisien. Komunikasi publik
sering juga disebut dengan komunikasi massa. Namun, komunikasi publik memiliki
makna yang lebih luas dibanding dengan komunikasi massa.
Ciri-ciri
komunikasi publik :
·
Satu pihak (pendengar ) cenderung lebih
pasif.
·
Interaksi antara sumber dan penerima terbatas
·
Umpan balik yang diberikan terbatas
·
Dilakukan di tempat umum seperti di kelas,
auditorium, tempat ibadah.
·
Dihadiri oleh sejumlah besar orang
·
Biasanya telah direncanakan
·
Sering bertujuan untuk memberikan penerangan,
menghibur, memberikan penghormatan dan membujuk
Media
Komunikasi Publik
Sarana
komunikasi publik yaitu segala saluran yang bisa menyampaikan pesan kepada
publik:
- Media Massa
- Orasi pada rapat umum
- Aksi demonstrasi
- Blog
- Situs Jejaring Sosial
- Kolom komentar di website/blog
- E-mail, milis
- SMS
- Surat
- Surat Pembaca
- Reklame
- Spanduk
Komunikasi Publik
memerlukan keterampilan komunikasi lisan dan tulisan agar pesan dapat
disampaikan secara efektif dan efisien.
Aktor
Komunikasi Publik
Komunikasi Publik
dapat diakukan oleh siapa pun, dapat pula dilakukan oleh seorang komunikator publik
profesional. Mereka yang termasuk Komunikator Publik Profesional antara lain,
manager dan staf PR/Humas, wartawan, penyiar radio, presenter, penyaji ramalan
cuaca, dan sebagainya.
Kecanggihan teknologi komunikasi saat ini membuat semua orang bisa melakukan komuniksi publik. Sekadar contoh, jika kita memposting sebuah komentar pada sebuah kolom komentar yang dapat diakses banyak orang, maka itu Komunikasi Publik. Jika kita mengatakan sesuatu di ruang publik yang dapat diakses banyak orang, maka itu Komunikasi Publik.
Ciri utama Komunikasi
Publik adalah berisi pesan yang penting diketahui publik –dikenal dengan
Informasi Publik. Yang dikomunikasikan menyangkut urusan publik (Public
Affairs) atau yang diharapkan menggugah orang banyak.
Sebagai contoh, lembaga-lembaga survei selalu mengumumkan hasil surveinya kepada media massa, pengamat yang tidak diwawancara media mengirimkan komentarnya tentang isu aktual kepada wartawan, dan sebagainya
Komunikasi
Publik vs Komunikasi Massa
Komunikasi Publik
sering pula disebut sebagai komunikasi massa (mass communication), meski komunikasi
massa lebih spesifik, yakni komunikasi melalui media massa (communicating with
media).
Komunikasi publik lebih luas daripada komunikasi massa. Komunikasi massa ”hanya” menggunakan media massa, seperti suratkabar, majalah, website, radio, dan televisi. Komunikasi publik lebih luas lagi.
Selain menggunakan
media massa, komunikasi publik juga menggunakan e-mail, blog, jejaring sosial
seperti Facebook dan Twitter, Yahoo Messengger, Handphone (SMS), dan medium
lain yang bisa menjangkau khalayak luas/banyak seperti aksi demo, seminar,
diskusi, dan sebagainya.
Jadi, komunikasi publik merupakan kombinasi antara hubungan dengan
media masa (media relations), jangkauan komunitas (community outreach),
komunikasi krisis (crisis communication), relasi pelanggan (customer
relations), perencanaan acara (event planning), komunikasi risiko (risk
communication).
https://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_publik
http://www.komunikasipraktis.com/2015/04/komunikasi-massa-pengertian.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar